TUGAS MAKALAH
SISTEM & TEKNOLOGI
SOFTWARE,HARDWARE DAN
TELEKOMUNIKASI
Dosen Pengampu : Ahmad Bahtiar Efendi S.kom M.kom

DisusunOleh:
Nama
: Hesin ahmad udin
Nim : 2116R1168
Jurusan
: Teknik informatika
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
HIMSYA
2016
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, shalawat serta
salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW beserta keluarga dan
sahabatnya. Berkat kudrat dan iradat-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah
software,hardware dan telekomunikasi ini.
Makalah ini
merupakan salah satu tugas untuk menyelesaikan mata kuliah sistem dan
teknologi, teknik informatika stmik himsya.
Dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan
yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan,
dorongan, bimbingan dan arahan kepada penyusun.
Ucapan terima kasih dan penghargaan
tersebut kami sampaikan kepada :
1. bpk Amad bahtiar effendi S.pdi
M.kom selaku dosen pengampu system dan teknologi
2. Teman-teman kelas jurusan TI
(teknologi informatika)
3. Kedua orang tua kami tercinta yang
telah memberi dorongan dan semangat sehingga laporan ini dapat diselesaikan.
Dalam makalah ini kami menyadari masih
jauh dari kesempurnaan, untuk itu segala saran dan kritik guna perbaikan dan
kesempurnaan sangat kami nantikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat
khususnya bagi penyusun dan para pembaca pada umumnya.
Semarang,11 oktober 2016
Penyusun
Hesin ahmad udin
Makalah
tentang software,hardware dan telekomunikasi
ii
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ... ii
DAFTAR
ISI ... iii
BAB
I
PENDAHULUAN
...4
A.
Latar Belakang Masalah ...4
B.
Tujuan ...4
BAB
II
c.Pembahasan ...5
BAB III
D.
pengertian perangkat lunak software ...6
E.
jenis-jenis perangkat lunak (software)... 6
F. Identifikasi Jenis Software Aplikasi...9
BAB IV
D.pengertian
perangkat keras (hardware)...12
E.Jenis
penyimpanan komputer(hardware)...12
F.Macam-macam
hardware...13
telekomunikasi
BAB V
G.pengertian
telekomunikasi
Makalah tentang software,hardware dan
telekomunikasi
iii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, selain membantu
memudahkan manusia dalam mencari informasi maupun menerima informasi tetapi
juga menuntut manusia untuk berpikir lebih maju. Pada era teknologi informasi
dan komunikasi sekarang ini, komunikasi merupakan hal yang sangat penting
sekali. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang, bisnis dan juga
pendidikan.
Di perguruan tinggi, kini mahasiswa
dapat dengan mudah mengetahui informasi melalui internet. Dengan begitu maka manusia
mampu mengikuti pesatnya perkembangan jaman.
Selain
sebagai tugas mata kuliah sistem dan teknologi, disusunnya makalah ini juga
karena masih kurangnya pemahaman kami terhadap materi-materi sistem dan
teknologi yang berkaitan dengan software,hardware dan telekomunikasi. Hal ini
karena masih terbatasnya perangkat komputer dan jaringan internet di daerah
kami berada. Untuk itu dalam makalah ini kami akan membahas tentang software,
hardware dan telekomunikasi
B
Tujuan
Dalam
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya yang berkaitan dengan
software, hardware dan telekomunikasi, diharapkan :
1.Lebih
memahami tentang materi software,hardware dan telekomunikasi,
2.Untuk mengetahui arti pengertian dari software,hardware
dan
telekomunikasi,
3.Menambah pengetahuan tentang software,hardware
dan telekomunikasi,
4.Memperjelas tentang software,
hardware dan telekomunikasi,
5.Menambah wawasan tentang software,
hardware dan telekomunikasi,
Makalah tentang
software,hardware dan telekomunikasi 4
BAB II
PEMBAHASAN
Kehidupan manusia saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi, khususnya Komputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis computer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki oleh masyarakat,misalnya personal data assistant (PDA), global position system (GPS), mobile computer (desktop, laptop), mobile phone (HP), translator, dan sebagainya.
Kehidupan manusia saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi, khususnya Komputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis computer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki oleh masyarakat,misalnya personal data assistant (PDA), global position system (GPS), mobile computer (desktop, laptop), mobile phone (HP), translator, dan sebagainya.
Komputer
(computer) diambil dari computare (bhs latin) yang berarti menghitung (to
compute atau to reckon). Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan
orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa
alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Jadi dapat disimpulkan bahwa
computer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input,
alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta
bekerja secara otomatis.
Di
makalah ini akan membahas tentang perangkat lunak (software), perangkat
keras(hardware), dan telekomunikasi, 3 system saling berhubungan
Makalah tentang
software,hardware dan telekomunikasi 5
BAB III
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Software disebut dengan perangkat lunak,
merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam
menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin
komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
A.Jenis Software
Secara tak sadar, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita telah menggunakan software. Apakah sebenarnya software itu? Software atau perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer atau perangkat lainnya. Secara umum, ada dua jenis software.
Secara tak sadar, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita telah menggunakan software. Apakah sebenarnya software itu? Software atau perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer atau perangkat lainnya. Secara umum, ada dua jenis software.
a.Pertama adalah software aplikasi. Software aplikasi adalah software yang
dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks
editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya. Kedua adalah software
sistem. Software sistem adalah software yang menjadi tempat semua software
aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan
sebagainya.
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi
6
Menurut cara memperolehnya (baca : harga beli
dan legalitas), software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis pertama
adalah freeware. Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya,
namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Maksudnya, meskipun kita
menggunakan freeware tersebut kita tidak boleh melanggar hak cipta atas
software tersebut, misalnya penggandaan untuk orang lain atau menggunakan
software tersebut untuk kepentingan lain. Biasanya freeware didistribusikan
tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan. Lalu jika kita tidak
perlu membayar, apa tujuan si pembuat freeware? Tujuan yang jelas adalah untuk
promosi. Baik itu
promosi diri sendiri (untuk programmer perorangan) ataupun promosi produk
(untuk developer kelas kakap). Tujuan lain yang mungkin adalah untuk
mendapatkan masukan dari pengguna dan ada pula (walaupun jarang ditemui) yang
bertujuan untuk membobol sistem seseorang. Beberapa contoh freeware adalah
Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih banyak lagi.
b.Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum dibeli oleh
b.Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum dibeli oleh
pengguna.Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds,
WinRAR, dan sebagainya.
c.Ketiga, propietary software. Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.
c.Ketiga, propietary software. Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.
Makalah tentang software,hardware dan
telekomunikasi
7
d.Jenis keempat yang mulai populer adalah open source software.
Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan
kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan
medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah.
Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam
pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk
tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa
bermanfaat bagi para pengguna. Beberapa contoh open source software misalnya
Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi.
Jenis – jenis Software berdasarkan pendistribusiannya :
1.Software "Pencari Alamat Email"
2. Software "Pelacak Asal Alamat Email"
3. Software "Pemeriksa Valid/Tidaknya Alamat Email"
4. Software "Pengirim Email Massal"
5. Software "Pengirim Iklanbaris Massal"
6. Software "IP Ad Web Sender"
7. Software "Search Engine Rangking"
8. Software "Untuk Nge-Buzz, Nge-Boot, Nge-Clone lawan bicara di Yahoo
Jenis – jenis Software berdasarkan pendistribusiannya :
1.Software "Pencari Alamat Email"
2. Software "Pelacak Asal Alamat Email"
3. Software "Pemeriksa Valid/Tidaknya Alamat Email"
4. Software "Pengirim Email Massal"
5. Software "Pengirim Iklanbaris Massal"
6. Software "IP Ad Web Sender"
7. Software "Search Engine Rangking"
8. Software "Untuk Nge-Buzz, Nge-Boot, Nge-Clone lawan bicara di Yahoo
Messenger"
9. Software "Easy Site Submit"
10. Software "Banner Maker"
11. Software "File Splitter"
Di bawah adalah produk-produk yang masih diproduksi, sedangkan produk yang tidak diproduksi lagi seperti contohnya Adobe Photodeluxe tidak disertakan
•Adobe Acrobat 3D
• Adobe Acrobat Capture® 3.0
• Adobe Acrobat Connect Professional
• Adobe Acrobat Connect™
• Adobe Acrobat family
• Adobe Acrobat® 8.0
• Adobe After Effects® 7.0
9. Software "Easy Site Submit"
10. Software "Banner Maker"
11. Software "File Splitter"
Di bawah adalah produk-produk yang masih diproduksi, sedangkan produk yang tidak diproduksi lagi seperti contohnya Adobe Photodeluxe tidak disertakan
•Adobe Acrobat 3D
• Adobe Acrobat Capture® 3.0
• Adobe Acrobat Connect Professional
• Adobe Acrobat Connect™
• Adobe Acrobat family
• Adobe Acrobat® 8.0
• Adobe After Effects® 7.0
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi
8
• Adobe Audition® 2.0
• Adobe Captivate™ 2
• Adobe Connect
• Adobe Creative Suite 2
• Adobe Encore® DVD 2.0
• Adobe Flex™
• Adobe Captivate™ 2
• Adobe Connect
• Adobe Creative Suite 2
• Adobe Encore® DVD 2.0
• Adobe Flex™
B. Identifikasi Jenis
Software Aplikasi
b.1) Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian computer.
Terdapat 2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
b.2) Program Bantu dan Program Tambahan
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini. Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token Ring dan Lantastic merukan contoh-contoh program ini.
b.3) Bahasa Komputer (Computer Language)
Computer Language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemiliknya.
b.1) Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian computer.
Terdapat 2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
b.2) Program Bantu dan Program Tambahan
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini. Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token Ring dan Lantastic merukan contoh-contoh program ini.
b.3) Bahasa Komputer (Computer Language)
Computer Language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemiliknya.
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi
9
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin assembly languageØ
High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dsb.Ø
Ada pula beberapa tipe software, diantaranya :
a. Software Games
Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
b. Software Driver
Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
c. Software Pendidikan
Berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
d. Media player dan pengembangan software media
Lainnya
Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
e. Software Produktifitas
Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin assembly languageØ
High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dsb.Ø
Ada pula beberapa tipe software, diantaranya :
a. Software Games
Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
b. Software Driver
Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
c. Software Pendidikan
Berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
d. Media player dan pengembangan software media
Lainnya
Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
e. Software Produktifitas
Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi
10
f. Operating sistem
Software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di install.
g. Software Aplikasi
Software yang diinstal pada komputer yang sesuai dengan os yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan User (Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll)
h. Software Program
Software yang berfungsi untuk membuat aplikasi-aplikasi program (Membuat Program baru) seperti program Games, Program data Base, Program Web dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++, Program PHP dll
i. Software Aplikasi Tools
Program-program yang berfungsi untuk mempercepat, memperbaiki, dan mempermudah pengoperasian computer.
Software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di install.
g. Software Aplikasi
Software yang diinstal pada komputer yang sesuai dengan os yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan User (Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll)
h. Software Program
Software yang berfungsi untuk membuat aplikasi-aplikasi program (Membuat Program baru) seperti program Games, Program data Base, Program Web dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++, Program PHP dll
i. Software Aplikasi Tools
Program-program yang berfungsi untuk mempercepat, memperbaiki, dan mempermudah pengoperasian computer.
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi
11
BAB IV
HARDWARE KOMPUTER
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer,
dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya,
dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk
menyelasaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan lunak sedikit buram,
firmware adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat
keras. Firmware ini merupakan wilayah dari programer komputer dan teknik
komputer, dan pengguna tidak perlu memperhatikan bagian ini.
Komputer umumnya (komputer pribadi/PC) terdiri dari yang terdiri dari bagian sebagai berikut:
• Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori
dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
• Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer,
kontrol voltase dan kipas.
• Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang
mengontrol harddisk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya;
• Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk
komputer display.
• Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk
menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti
printer atau scanner.
Komputer umumnya (komputer pribadi/PC) terdiri dari yang terdiri dari bagian sebagai berikut:
• Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori
dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
• Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer,
kontrol voltase dan kipas.
• Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang
mengontrol harddisk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya;
• Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk
komputer display.
• Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk
menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti
printer atau scanner.
a. Beberapa jenis penyimpanan komputer:
CD merupakan tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. Jenisnya antara lain :
1.CD-ROMØ
2.CD-RWØ
3.CD-RØ
•DVD antara lain jenisnya :
1.DVD-ROMØ
2.DVD-RWØ
3.DVD-RØ
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi 12
CD merupakan tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. Jenisnya antara lain :
1.CD-ROMØ
2.CD-RWØ
3.CD-RØ
•DVD antara lain jenisnya :
1.DVD-ROMØ
2.DVD-RWØ
3.DVD-RØ
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi 12
•
Floppy disk
b.Penyimpanan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
• Hard disk untuk penyimpanan data jangka panjang
• Disk arra controller
Kartu suara digunakan untuk menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.Ø
Jaringan computer digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet dan atau komputer lainnya.Ø
1.Modem digunakan untuk koneksi tekan-tombol.v
2.Kartu network digunakan untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.v
• Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
• Input
KeyboardØ
Alat penunjukØ
Mousev
Trackballv
c. Macam - macam Hardware
1. Monitor
Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:
a. Monitor Tabung Layar Cembung
Tabung sinar kathoda (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, adalah sebuah alat penampilan digunakan dalam tampilan komputer, monitor video, televisi dan osciloskop. CRT dikembangkan dari kerja Philo Farnsworth yang digunakan dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20 dan perkembangan layar plasma, LCD dan teknologi lainnya.
b.Penyimpanan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
• Hard disk untuk penyimpanan data jangka panjang
• Disk arra controller
Kartu suara digunakan untuk menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.Ø
Jaringan computer digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet dan atau komputer lainnya.Ø
1.Modem digunakan untuk koneksi tekan-tombol.v
2.Kartu network digunakan untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.v
• Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
• Input
KeyboardØ
Alat penunjukØ
Mousev
Trackballv
c. Macam - macam Hardware
1. Monitor
Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:
a. Monitor Tabung Layar Cembung
Tabung sinar kathoda (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, adalah sebuah alat penampilan digunakan dalam tampilan komputer, monitor video, televisi dan osciloskop. CRT dikembangkan dari kerja Philo Farnsworth yang digunakan dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20 dan perkembangan layar plasma, LCD dan teknologi lainnya.
Makalah tentang
software,hardware dan telekomunikasi
13
b. Monitor
LCD
Dalam membangun komputer PC sendiri, salah satu persoalan penting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan berbagai perangkat yang juga sangat krusial dalam membuat komputer PC sendiri adalah pemilihan sebuah monitor untuk menayangkan berbagai informasi digital dan multimedia. Monitor ini ibarat mata komputer PC dan sekarang tersedia dalam berbagai pilihan harga dan bentuk yang umumnya disesuaikan dengan selera penggunanya sendiri.
c. Monitor Plasma
Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini adalah inert dan seluruhnya tidak berbahaya.
Dalam membangun komputer PC sendiri, salah satu persoalan penting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan berbagai perangkat yang juga sangat krusial dalam membuat komputer PC sendiri adalah pemilihan sebuah monitor untuk menayangkan berbagai informasi digital dan multimedia. Monitor ini ibarat mata komputer PC dan sekarang tersedia dalam berbagai pilihan harga dan bentuk yang umumnya disesuaikan dengan selera penggunanya sendiri.
c. Monitor Plasma
Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini adalah inert dan seluruhnya tidak berbahaya.
2.Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
Makalah tentang
software,hardware dan telekomunikasi 14
3. Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
Makalah tentang
software,hardware dan telekomunikasi
15
a. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
b.Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU. c.Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.
4.Speaker
Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi 16
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
b.Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU. c.Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.
4.Speaker
Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.
Makalah tentang software,hardware dan telekomunikasi 16
5. Printer
Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
Makalah tentang
software,hardware dan telekomunikasi
17
BAB V
TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari
suatu tempat ketempat lain. Dalam kaitannya dengan ‘telekomunikasi’ bentuk
komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga :
1.Komunikasi satu arah (simplex).
Dalam komunikasi satu arah (simplex) pengirim dan penerima informasi tidak
dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
Contoh: pager,televisi dan radio
2.Komunikasi dua arah (duplex).
Dalam komunikasi dua arah pengirim dan penerima informasi dapat menjalin
komunikasi yang berkeinambungan melalui media yang sama. Contoh: telepon dan
VOIP
3.komunikasi semi dua arah(Half
Duplex) Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima
informasi berkomunikasi secara bbergantian namun tetap berkesinambungan.
Contoh: Handy talkie,FAX, dan chat Room
Komponen dasar :
Untuk bisa melakukan
telekomunikasi,ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu:
a.Informasi :merupakan data yang
dikirim/diterima seperti suara,gambar,file tulisan
b.pengirim :merubah informasi
menjadi sinyal litrik yang siap dikirim
c.Media transmisi :alat yang
berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh,
maka sinyal pengirim diubah lagi/dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh.
Penerima :menerima sinyal listrik
dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang
dikirimkan
1.Macam-macam peralatan
telekomunikasi
a.Telagraf
Telagraf adalah sistem telekomunikasi yang menggunakan
peralatan listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesusai dengan kode dalam
bentuk pulsa listrik.
b.Telepon
Telepon adalah peralatan yang
mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan
telepon,sesuai dengan namanya,telepon berasal dari bahasa yunani yaitu
tele yang berarti jauh dan phone berarti
suara
c.Faksimili
Faksimili berasal dari kata facsimile yang artinya
menyalin sama persis dengan aslinya Mesin faks merupakan peralatan
telekomunikasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalui
kabel telepon, Mesin faks menyalin dokumen yang ingin dikirim, kemudian mengirimkan
dokumen ke nomor faks yang ingin dituju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar